Menanamkan Nilai-nilai Islam
Pada Akhlak Pelajar Putri Lewat Keputrian

Sumber: Kegiatan Keputrian SMA IT Al-Ukhuwah

 

 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia keputrian berasal dari kata putri yaitu anak perempuan atau sapaan khusus untuk wanita. Penambahan imbuhan ke-an pada kata putri menyatakan sifat atau keadaan. Jadi, keputrian menyatakan sifat seorang anak perempuan atau keadaan yang melekat pada anak perempuan yang menjadi identitas dirinya.

SMA IT Al-Ukhuwah melaksanakan kegiatan pekanan yang diselenggarakan setiap Jumat yaitu kegiatan “keputrian.” Dalam kegiatan ini setiap siswa mempunyai kelompok yang terdiri dari 2-3 anak. Setiap kelompok mempunyai tema yang berbeda untuk dibahas setiap minggunya secara bergiliran.

Fungsi keputrian yaitu sebagai sarana untuk menambah wawasan keilmuan dalam bidang keagamaan bagi pelajar putri khususnya yang terdapat di sekolah. Selain itu untuk menanamkan nilai-nilai Islam pada akhlak pelajar putri dalam bersikap dan bertingkah laku dalam kehidupan sehari-hari. Juga sekaligus memberikan bekal agar kelak mereka dapat mengetahui tugas dan perannya di keluarga dan masyarakat.

Kegiatan keputrian bertujuan agar pelajar putri dapat mengetahui dan memahami kewajiban-kewajibannya sebagai seorang muslimah terutama bagi mereka yang sudah baligh. Adapun kewajiban-kewajiban yang harus dipatuhi oleh seorang wanita yang sudah baligh yaitu:

  1. mengenakan hijab syar’i, dengan cara menutup seluruh tubuh dengan pakaian yang longgar, tidak menggambarkan lekuk liku tubuhnya;
  2. menundukkan pandangan matanya atas laki-laki yang halal menikahinya;
  3. tidak bercampur baur dengan kaum lelaki;
  4. tidak berjabat tangan dengan lelaki yang bukan mahram;
  5. mengetahui cara bersuci dari haid; dan lain sebagainya.

Maka dapat disimpulkan tujuan keputrian yaitu sebagai sarana untuk mengetahui kewajiban-kewajiban yang harus dipatuhi oleh seorang muslimah dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga dapat membentuk akhlak yang mulia pada diri mereka sejak dini. Selain itu juga untuk melatih publik speaking dan mengasah rasa percaya diri siswa dalam menyampaikan materi di depan umum. (K4)